Senin, 12 Desember 2011

Di dua pagi yang berbeda

Pagi pertama…
Wanita itu : Mbak,,kalau butuh tenaga buat nyuci, saya   bisa..
Saya       : Waduh maaf mbak, sudah ada..
Dialog di pagi hari dengan seorang wanita bertubuh mungil yang tengah menggendong anaknya yang berumur sekitar 3 bulan)

Pagi kedua…
Wanita itu : Mbak maaf, saya mau jual ini, buat makan anak saya
(sambil menyerahkan bungkusan dalam tas plastik hitam)
Tanpa banyak tanya saya membuka bungkusan yang ternyata isinya adalah beras
Saya       : Tunggu sebentar mbak ya,,

Saya ingat, wanita ini adalah yang sama di dua pagiku…wanita yang selalu tersenyum, yang tidak pernah punya rasa malu untuk mencarikan sesuap nasi untuk anak dalam gendongannya…Wanita yang mengajarkanku untuk lebih menghargai hidup.

“Para ibu selalu mempunyai tempat untuk menampung duka, lalu mengecupnya dan bangkit.”
Helvy Tiana Rosa, Tanah Perempuan

Tidak ada komentar: