Rabu, 24 April 2013

Cuci ya Maaa?

Menjadi orang tua itu gampang-gampang susah. Kadang ketika melihat Sang duduk sembarangan atau guling-guling di lantai, saya sering spontan bilang, "Sang, itu kotor looo". Spontan juga saya langsung menggendongnya. Hihihi maafkan mamamu yang kadang masih suka eror ini Sang.
Sadar sih kalo bermain kotor itu tidak semuanya buruk. Sang yang baru berumur 19 bulan memang sedang asik-asiknya mengeksplorasi apa saja. Pasir,batu di depan rumah, cat air, kucing, bahkan kelapa parut pun pernah menjadi obyek mainannya. 




Ngenes rasanya melihat anak yang masih wangi sabun tiba-tiba bajunya kotor kena pasir atau mukanya sudah kena noda cat air. Kebayang deh capeknya nyuci baju, ngepel, dan bersih-bersih. Tapi semuanya sirna ketika melihat senyum kemenangan Sang menaklukkan obyek eksplorasinya.
Anak bermain kotor sah-sah aja asal tetap dalam pengawasan orang tua ataupun yang mengasuhnya. Bagi saya lebih baik saya yang bersih-bersih dan ekstra capek daripada saya selalu melarang Sang untuk mengeksplor sekitarnya. Melarangnya bereksplorasi sama dengan menyuruhnya untuk berhenti belajar. Yang paling nikmat itu ketika bermain kotor bisa dijadikan sarana belajar anak. Yukkk Sang,,bantuin mama bersihin bajunya yuukkk. Dan Sang biasanya jawab,,cuci ya Maaaa? #peluk Sang.

Tidak ada komentar: